Deskripsi
CATATAN AWAL:
Dari Sebuah Cara Interpretasi
Ketika di pertengahan tahun 1994 saya memutuskan untuk
memilih kumpulan puisi yang berjudul Yang Berdiam dalam
Mikropon karya Afrizal Malna menjadi objek kajian dalam
menyelesaikan tugas akhir studi saya, sebelumnya saya tidak
tertarik sedikit pun pada puisi-puisi yang ditulis Afrizal Malna.
Membaca puisi-puisinya pun belum pernah saya lakukan. Saya
intens membaca esai-esai sastra yang secara periodik muncul di
setiap hari minggu di media massa, seperti Pelita, Media Indonesia,
Kompas, dan Republika. Dari sekian banyak esai sastra yang saya
baca dan kunmpulkan (kliping), dua di antaranya saya tertarik
dengan esai yang ditulis Afrizal Malna.
Dua esai itu, yang untuk pertama kali saya membacanya,
berjudul “Puisi dari Gadis Buta yang Bunuh Diri” (dimuat dalam
Harian Pelita, 21 Oktober 1991) dan “Prosa dari Bulan yang
Ditelanjangi” (dimuat dalam Harian Pelita, 9 Januari 1992).
Ketertarikan saya pada dua esai itu membawa aktivitas baru dalam diri saya, pertama berburu esai-esai Afrizal Malna yang pernah ditulisnya dan kedua, menunggu esai-esai Afrizal Malna yang
mungkin dimuat di media massa. Untuk aktivitas pertama, saya
langsung menyinggahi Pusat Dokumentasi Sastra HB. Jassin. Untuk
yang kedua, saya berburu ke pedagang koran, bila ada esai atau
puisi Afrizal Malna, saya pastikan untuk membelinya.
Selang waktu, di sekitar tahun 1992, saya berkunjung ke rumah
salah seorang kawan. Seorang penulis puisi dan esai serta
pemerhati teater. Saya tertarik dengan pikiran-pikirannya yang
selalu “nyentrik” untuk saya dengarkan. Di kamarnya, yang pasti
selalu berantakan, saya temukan buku puisi Yang Berdiam dalam Mikropon.
Mulailah saya intens membaca Yang Berdiam dalam Mikropon.
Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk saya memahaminya.
Bukan karena saya paham maksud puisi-puisi Afrizal Malna dari
“murni membaca” puisi-puisinya. Akan tetapi justru saya bisa
memasuki puisi Afrizal Malna dari membaca esai-esai yang
ditulisnya. Tentu sebatas pemahaman saya. Saya putuskan mengkaji
Yang Berdiam dalam Mikropon untuk menyelesaikan studi. Saya
tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mempertahankan
kajian saya di hadapan dosen-dosen penguji. Sekali lagi, bukan
karena kualitas tulisan saya, saya yakin kerena dosen-dosen penguji
tidak memiliki referensi yang cukup tentang puisi-puisi Afrizal Malna.
…
PUISI, IDEOLOGI, DAN PEMBACA YANG TERKALAHKAN
Copyright © Muarif Esage
Penulis: Muarif Esage
Editor: Aditya Kusuma Putra
Penata Letak: Yoga Ade S
Penata Sampul: Raditya Pramono
Sebagian ilustrasi diambil dari internet
CV KEKATA GROUP
Kekata Publisher
kekatapublisher@gmail.com
kekatapublisher.com
Fanspage: Kekata Publisher
“Cafebaca” Jalan Kartika, Gang Sejahtera 1 No. 3, Jebres,
Surakarta, Indonesia
Cetakan Pertama, Januari 2018
Surakarta, Kekata Publisher, 2018
vi + 109 hal; 14,8×21 cm
ISBN: 978-602-5613-40-1
Dicetak oleh
Percetakan CV Oase Group
Isi di luar tanggung jawab percetakan
Katalog Dalam Terbitan
Hak cipta dilindungi Undang-Undang
All Right Reserved
Dilarang mengutip atau memperbanyak sebagian atau
seluruh isi buku ini tanpa izin tertulis dari penerbit
Ulasan
Belum ada ulasan.