PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA KOMPETENSI DASAR BERPIDATO

ABSTRAK

“Peningkatan Keterampilan Berbiacara (berpidato) Bahasa Jawa

dengan metode pemodelan pada siswa kelas IX D SMP Negeri 2

Sampang Kabupaten Cilacap” merupakan Penelitian Tindakan Kelas

untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi guru dalam

mengajar. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah:

(1) Bagaimanakah penerapan pembelajaran bericara kompetensi

dasar berpidato dalam bahasa Jawa menggunakan metode

pemodelan pada kelas IX D SMP Negeri 2 Sampang Kabupaten

Cilacap; (2) Bagaimanakah peningkatan keterampilan berbicara

kompetensi dasar berbicara dalam Bahasa Jawa siswa kelas IX D

SMP Negeri 2 Sampang Kabupaten Cilacap setelah mendapat

pembelajaran menggunakan metode pemodelan? (3) Bagaimanakah

perubahan tingkah laku siswa kelas IX D SMP Ngeri 2 Sampang

Kabupaten Cilacap dalam pembelajaran berbicara kompetensi dasar

berpidato bahasa Jawa? Penelitian ini merupakan tindakan kelas

yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari

perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian

ini adalah siswa kelas IX D SMP Negeri 2 Sampang Kabupaten

Cilacap sebagi peneliti. Objek penelitian ini adalah hasil belajar

siswa berupa keterampilan berbicara kompetensi dasar berpidato

Bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh. Instrument yang

digunakan yaitu lembar observasi, dan butir soal unjuk kerja. Hasil

tes keterampilan berbicara berpidato bahasa Jawa pada kegiatan

pra siklus menunjukkan ketuntasan belajar baru mencapai 53%

mengalami peningkatan menjadi 73% pada siklus I. Ketuntasan

siswa meningkat kembali menjadi 100% pada kegiatan siklus II. Hal

ini menunjukkan bahwa melalui metode pemodelan dapat

meningkatkan kemampuan siswa dan hasil belajar siswa dalam

pembelajaran berbicara kompetensi dasar berpidato berbahasa

Jawa.

Kata kunci: keterampilan berbicara, berpidato, metode

pemodelan.

 

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA

KOMPETENSI DASAR BERPIDATO

Copyright © Dra. Dwi Retnowati

Penulis: Dra. Dwi Retnowati

Editor: Istiqomatuttaqiyyah

Penata Letak Isi: F. D. Abdillah

Penata Sampul: Yurdi Andani

Cetakan Pertama, Februari 2020

xx 63 hal; 14,8 x 21 cm

ISBN: 978-602-476-773-0
Buku-buku pesanan Anda yang sedang tidak tersedia (stok produk fisik habis), membutuhkan waktu kurang lebih 14 hari hingga siap kirim ke alamat pemesanan. Setiap update proses pesanan, Anda akan menerima informasi melalui Email.
Jika ada buku yg jilidnya lebih dari satu, dan atau yg memiliki lebih dari satu kategori naskah (puisi+cerpen+pantun), MOHON untuk menuliskan jilid atau kategori naskah yg ingin Anda beli pada kolom Catatan Pembelian (ORDER NOTES) saat melakukan Checkout Pembelian”

Rp35.000

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA KOMPETENSI DASAR BERPIDATO

Deskripsi

ABSTRAK

“Peningkatan Keterampilan Berbiacara (berpidato) Bahasa Jawa

dengan metode pemodelan pada siswa kelas IX D SMP Negeri 2

Sampang Kabupaten Cilacap” merupakan Penelitian Tindakan Kelas

untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi guru dalam

mengajar. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah:

(1) Bagaimanakah penerapan pembelajaran bericara kompetensi

dasar berpidato dalam bahasa Jawa menggunakan metode

pemodelan pada kelas IX D SMP Negeri 2 Sampang Kabupaten

Cilacap; (2) Bagaimanakah peningkatan keterampilan berbicara

kompetensi dasar berbicara dalam Bahasa Jawa siswa kelas IX D

SMP Negeri 2 Sampang Kabupaten Cilacap setelah mendapat

pembelajaran menggunakan metode pemodelan? (3) Bagaimanakah

perubahan tingkah laku siswa kelas IX D SMP Ngeri 2 Sampang

Kabupaten Cilacap dalam pembelajaran berbicara kompetensi dasar

berpidato bahasa Jawa? Penelitian ini merupakan tindakan kelas

yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari

perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian

ini adalah siswa kelas IX D SMP Negeri 2 Sampang Kabupaten

Cilacap sebagi peneliti. Objek penelitian ini adalah hasil belajar

siswa berupa keterampilan berbicara kompetensi dasar berpidato

Bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh. Instrument yang

digunakan yaitu lembar observasi, dan butir soal unjuk kerja. Hasil

tes keterampilan berbicara berpidato bahasa Jawa pada kegiatan

pra siklus menunjukkan ketuntasan belajar baru mencapai 53%

mengalami peningkatan menjadi 73% pada siklus I. Ketuntasan

siswa meningkat kembali menjadi 100% pada kegiatan siklus II. Hal

ini menunjukkan bahwa melalui metode pemodelan dapat

meningkatkan kemampuan siswa dan hasil belajar siswa dalam

pembelajaran berbicara kompetensi dasar berpidato berbahasa

Jawa.

Kata kunci: keterampilan berbicara, berpidato, metode

pemodelan.

 

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA

KOMPETENSI DASAR BERPIDATO

Copyright © Dra. Dwi Retnowati

Penulis: Dra. Dwi Retnowati

Editor: Istiqomatuttaqiyyah

Penata Letak Isi: F. D. Abdillah

Penata Sampul: Yurdi Andani

Cetakan Pertama, Februari 2020

xx 63 hal; 14,8 x 21 cm

ISBN: 978-602-476-773-0
Buku-buku pesanan Anda yang sedang tidak tersedia (stok produk fisik habis), membutuhkan waktu kurang lebih 14 hari hingga siap kirim ke alamat pemesanan. Setiap update proses pesanan, Anda akan menerima informasi melalui Email.
Jika ada buku yg jilidnya lebih dari satu, dan atau yg memiliki lebih dari satu kategori naskah (puisi+cerpen+pantun), MOHON untuk menuliskan jilid atau kategori naskah yg ingin Anda beli pada kolom Catatan Pembelian (ORDER NOTES) saat melakukan Checkout Pembelian”

Informasi Tambahan

Berat 200 gram

Ulasan

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama memberikan ulasan “PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA KOMPETENSI DASAR BERPIDATO”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
    1
    Keranjang Belanja Anda
    Hapus Item
    ​MENYEMAI KEBHINNEKAAN
    Price: Rp35.000
    Qty: 1
    Rp35.000