fbpx

PENGARUH PEMBINAAN SEKOLAH ADIWIYATA TERHADAP PENUMBUHAN BUDI PEKERTI

 

Program Adiwiyata bertujuan untuk meningkatkan kapasitas
sekolah dalam mewujudkan sekolah peduli dan berbudaya
lingkungan, menanamkan pendidikan dan cinta lingkungan. Dengan
adanya tujuan tersebut tentu secara tidak langsung menimbulkan
efek, terutama dalam hal perilaku. Perilaku yang muncul bertolok
ukur pada akhlakul karimah. Sesuai dengan program adiwiyata
yang dicanangkan oleh pemerintah melalui kesepakatan bersama
antara Menteri Lingkungan Hidup dan Menteri Pendidikan Nasional
tahun 2005 tentang Pendidikan Lingkungan Hidup dan
diperbaharui pada tahun 2010 merupakan jawaban dalam
melakukan upaya pembentukan perilaku dan karakter manusia
melalui pendidikan lingkungan hidup (PLH) di sekolah.
SMPN 5 Harung Hijau salah satu sekolah yang melaksanakan
Program Adiwiyata.

Meskipun belum 100% terprogram. Namun secara berkala, berjenjang, dan bertahap berusaha bersinergi
dengan program Adiwayata. Meskipun dalam proses pembinaan
dari instansi Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Kepulauan
Anambas, dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) The Tara
Foundation Bogor, diharapkan tujuan melaksanakan program
adiwiyata ini adalah membawa perubahan perilaku dan karakter
baik itu pada pendidik dan kependidikan, peserta didik dan
masyarakat di sekitar lingkungan.

Upaya dari pembentukan perilaku dan karakter di sekitar
lingkungan sekolah tentu diperlukan strategi dalam merangkul
proses pembinaan program adiwiyata antara lain dengan analisis
kuantitatif produktif yaitu, menganalisa dengan menjelaskan
perhitungan dari hasil kuisioner empat kebijakan ketentuan program adiwiyata dan secara kognitif hasil nilai ulangan pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).
Untuk itu, kehadiran buku ini kiranya dapat memberikan
gambaran bahwa sekolah yang sudah menerapkan program
adiwiyata dengan sendirinya akan membawa perubahan bagi
sekolah tersebut terutama perubahan perilaku dan membentuk
karakter manusia. 

 

 

PENGARUH PEMBINAAN SEKOLAH ADIWIYATA
TERHADAP PENUMBUHAN BUDI PEKERTI
Copyright © Diah Mertianti Talkah, S.Ag., M.MPd.

Penulis: Diah Mertianti Talkah, S.Ag., M.MPd.
Editor: Istiqomatuttaqiyyah
Penata Letak: Yoga Ade S
Penata Sampul: Raditya Pramono

CV KEKATA GROUP
Kekata Publisher
kekatapublisher@kekatagroup.co.id
kekatapublisher.com
Fanspage: Kekata Publisher
Jalan Sumbing Raya No. 27B, Mojosongo, Kec. Jebres
Surakarta, Jawa Tengah 57127

Cetakan Pertama, April 2019
Surakarta, Kekata Publisher, 2019
viii + 33 hal; 14,8×21 cm
ISBN: 978-602-476-296-4

Rp35.000

Stok 2

PENGARUH PEMBINAAN SEKOLAH ADIWIYATA TERHADAP PENUMBUHAN BUDI PEKERTI

Deskripsi

 

Program Adiwiyata bertujuan untuk meningkatkan kapasitas
sekolah dalam mewujudkan sekolah peduli dan berbudaya
lingkungan, menanamkan pendidikan dan cinta lingkungan. Dengan
adanya tujuan tersebut tentu secara tidak langsung menimbulkan
efek, terutama dalam hal perilaku. Perilaku yang muncul bertolok
ukur pada akhlakul karimah. Sesuai dengan program adiwiyata
yang dicanangkan oleh pemerintah melalui kesepakatan bersama
antara Menteri Lingkungan Hidup dan Menteri Pendidikan Nasional
tahun 2005 tentang Pendidikan Lingkungan Hidup dan
diperbaharui pada tahun 2010 merupakan jawaban dalam
melakukan upaya pembentukan perilaku dan karakter manusia
melalui pendidikan lingkungan hidup (PLH) di sekolah.
SMPN 5 Harung Hijau salah satu sekolah yang melaksanakan
Program Adiwiyata.

Meskipun belum 100% terprogram. Namun secara berkala, berjenjang, dan bertahap berusaha bersinergi
dengan program Adiwayata. Meskipun dalam proses pembinaan
dari instansi Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Kepulauan
Anambas, dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) The Tara
Foundation Bogor, diharapkan tujuan melaksanakan program
adiwiyata ini adalah membawa perubahan perilaku dan karakter
baik itu pada pendidik dan kependidikan, peserta didik dan
masyarakat di sekitar lingkungan.

Upaya dari pembentukan perilaku dan karakter di sekitar
lingkungan sekolah tentu diperlukan strategi dalam merangkul
proses pembinaan program adiwiyata antara lain dengan analisis
kuantitatif produktif yaitu, menganalisa dengan menjelaskan
perhitungan dari hasil kuisioner empat kebijakan ketentuan program adiwiyata dan secara kognitif hasil nilai ulangan pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).
Untuk itu, kehadiran buku ini kiranya dapat memberikan
gambaran bahwa sekolah yang sudah menerapkan program
adiwiyata dengan sendirinya akan membawa perubahan bagi
sekolah tersebut terutama perubahan perilaku dan membentuk
karakter manusia. 

 

 

PENGARUH PEMBINAAN SEKOLAH ADIWIYATA
TERHADAP PENUMBUHAN BUDI PEKERTI
Copyright © Diah Mertianti Talkah, S.Ag., M.MPd.

Penulis: Diah Mertianti Talkah, S.Ag., M.MPd.
Editor: Istiqomatuttaqiyyah
Penata Letak: Yoga Ade S
Penata Sampul: Raditya Pramono

CV KEKATA GROUP
Kekata Publisher
kekatapublisher@kekatagroup.co.id
kekatapublisher.com
Fanspage: Kekata Publisher
Jalan Sumbing Raya No. 27B, Mojosongo, Kec. Jebres
Surakarta, Jawa Tengah 57127

Cetakan Pertama, April 2019
Surakarta, Kekata Publisher, 2019
viii + 33 hal; 14,8×21 cm
ISBN: 978-602-476-296-4

Informasi Tambahan

Berat 100 g

Ulasan

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama memberikan ulasan “PENGARUH PEMBINAAN SEKOLAH ADIWIYATA TERHADAP PENUMBUHAN BUDI PEKERTI”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No more offers for this product!

Diskusi umum

Saat ini belum ada diskusi apapun pada produk ini

0