fbpx

MENJADI GURU PROFESIONAL DALAM REVOLUSI PENDIDIKAN 4.0

Segala puji hanya ditujukan kepada Allah Swt. yang telah
memberikan nikmat kesehatan dan kesempatan kepada
penulis dan begitu pula penulis menyampaikan selawat dan taslim kepada junjungan Nabi Besar Muhammad Saw. sebagai
uswatul hasanah bagi kita sekalian, sehingga dapat diselesaikan
penulisan buku bacaan nonfiksi tentang “Guru Abad 21”. Akhirnya,
dapat diselesaikan dalam waktu relatif singkat.
Sebenarnya, munculnya ide menulis yang dituangkan dalam
sebuah naskah buku bacaan, yang dibutuhkan di kalangan pendidik
dan peserta didik dalam upaya memikirkan kemajuan pendidikan
sekolah menuju masa depan.
Berdasarkan pengalaman penulis sebagai guru mata pelajaran
dari pelbagai satuan pendidikan formal sekolah, maka dapat
menunjukkan bahwa kehadiran guru di sekolah masih ada sebagian
di antara mereka yang kurang disiplin waktu kedatangan, masuk
melaksanakan pembelajaran, dan apabila guru hendak
membimbing, untuk mengantar peserta didik kepada pemahaman
bermakna. Maka, biasanya yang banyak diperbincangkan masalah
anggaran kegiatan, bukan bagaimana mencerdaskan bangsa
Indonesia.
Salah satu penyakit di kalangan pendidik selama ini, dengan
sikap setengah hati dalam melaksanakan pembelajaran, dan
berusaha menuntut imbalan yang memuaskan dari pemerintah.
Model guru di sekolah yang seperti ini, enggang meluangkan belajar
sebelum melaksanakan pembelajaran. Terbukti, masih banyak di
antara pendidik yang gemar copy paste dari rencana pelaksanaan
pembelajaran dari guru lainnya, baik diperoleh melalui media sosial
maupun teman sejawat tanpa memikirkan sesuai tidaknya dengan
kondisi lingkungan sekolah yang diasuhnya.

Ucapan dan sikap guru sebagai pendidik belum dapat
digolongkan sebagai guru profesional yang bertanggungjawab.
Sesungguhnya, guru yang diharapkan adalah guru idealis yang
benar-benar mampu melaksanakan pembelajaran secara tuntas.
Selain itu, guru sebaiknya dikagumi di sekolah atas kedisiplinan
dalam menyelenggarakan proses pendidikan tanpa mengenal
perasaan lelah, dan bertanggungjawab atas keberhasilan
pendidikan berkualitas, sehingga mampu bersaing secara global.
Oleh karena itu, memperbaiki mutu pendidikan di negeri ini,
maka sangat diperlukan kehadiran guru idealis dengan tidak
memandang pujian atas perestasi yang diraihnya, sehingga
cenderung rendah hati dengan menerima pebedaan pengetahuan
dan pemahaman yang sering diperbincangkannya di lingkungan
pendidikan sekolah.
Akhirnya, penulis sebagai manusia biasanya tidak akan luput
dari kekurangan/kelemahan dalam penulisan buku bacaan ini,
sehingga diperlukan kritik membangun dan saran dari para
pembaca, demi kesempurnaannya kelak.
Semoga buku bacaan ini, dapat memberikan manfaat kelak.
Amin…

Bulukumba, 30 Januari 2019
Penulis,

DG. MAPATA

 

MENJADI GURU PROFESIONAL DALAM REVOLUSI PENDIDIKAN 4.0
Copyright © Dg. Mapata

Penulis: Dg. Mapata
Editor: Maylingga V.M
Penata Letak Isi: F. D. Abdillah
Penata Sampul: Yurdi Andani

Cetakan Pertama, Februari 2020
viii + 88 hal; 14,8 x 21 cm
ISBN: 978-623-7266-37-2

Rp35.000

Stok 3

MENJADI GURU PROFESIONAL DALAM REVOLUSI PENDIDIKAN 4.0

Deskripsi

Segala puji hanya ditujukan kepada Allah Swt. yang telah
memberikan nikmat kesehatan dan kesempatan kepada
penulis dan begitu pula penulis menyampaikan selawat dan taslim kepada junjungan Nabi Besar Muhammad Saw. sebagai
uswatul hasanah bagi kita sekalian, sehingga dapat diselesaikan
penulisan buku bacaan nonfiksi tentang “Guru Abad 21”. Akhirnya,
dapat diselesaikan dalam waktu relatif singkat.
Sebenarnya, munculnya ide menulis yang dituangkan dalam
sebuah naskah buku bacaan, yang dibutuhkan di kalangan pendidik
dan peserta didik dalam upaya memikirkan kemajuan pendidikan
sekolah menuju masa depan.
Berdasarkan pengalaman penulis sebagai guru mata pelajaran
dari pelbagai satuan pendidikan formal sekolah, maka dapat
menunjukkan bahwa kehadiran guru di sekolah masih ada sebagian
di antara mereka yang kurang disiplin waktu kedatangan, masuk
melaksanakan pembelajaran, dan apabila guru hendak
membimbing, untuk mengantar peserta didik kepada pemahaman
bermakna. Maka, biasanya yang banyak diperbincangkan masalah
anggaran kegiatan, bukan bagaimana mencerdaskan bangsa
Indonesia.
Salah satu penyakit di kalangan pendidik selama ini, dengan
sikap setengah hati dalam melaksanakan pembelajaran, dan
berusaha menuntut imbalan yang memuaskan dari pemerintah.
Model guru di sekolah yang seperti ini, enggang meluangkan belajar
sebelum melaksanakan pembelajaran. Terbukti, masih banyak di
antara pendidik yang gemar copy paste dari rencana pelaksanaan
pembelajaran dari guru lainnya, baik diperoleh melalui media sosial
maupun teman sejawat tanpa memikirkan sesuai tidaknya dengan
kondisi lingkungan sekolah yang diasuhnya.

Ucapan dan sikap guru sebagai pendidik belum dapat
digolongkan sebagai guru profesional yang bertanggungjawab.
Sesungguhnya, guru yang diharapkan adalah guru idealis yang
benar-benar mampu melaksanakan pembelajaran secara tuntas.
Selain itu, guru sebaiknya dikagumi di sekolah atas kedisiplinan
dalam menyelenggarakan proses pendidikan tanpa mengenal
perasaan lelah, dan bertanggungjawab atas keberhasilan
pendidikan berkualitas, sehingga mampu bersaing secara global.
Oleh karena itu, memperbaiki mutu pendidikan di negeri ini,
maka sangat diperlukan kehadiran guru idealis dengan tidak
memandang pujian atas perestasi yang diraihnya, sehingga
cenderung rendah hati dengan menerima pebedaan pengetahuan
dan pemahaman yang sering diperbincangkannya di lingkungan
pendidikan sekolah.
Akhirnya, penulis sebagai manusia biasanya tidak akan luput
dari kekurangan/kelemahan dalam penulisan buku bacaan ini,
sehingga diperlukan kritik membangun dan saran dari para
pembaca, demi kesempurnaannya kelak.
Semoga buku bacaan ini, dapat memberikan manfaat kelak.
Amin…

Bulukumba, 30 Januari 2019
Penulis,

DG. MAPATA

 

MENJADI GURU PROFESIONAL DALAM REVOLUSI PENDIDIKAN 4.0
Copyright © Dg. Mapata

Penulis: Dg. Mapata
Editor: Maylingga V.M
Penata Letak Isi: F. D. Abdillah
Penata Sampul: Yurdi Andani

Cetakan Pertama, Februari 2020
viii + 88 hal; 14,8 x 21 cm
ISBN: 978-623-7266-37-2

Informasi Tambahan

Berat 200 g

Ulasan

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama memberikan ulasan “MENJADI GURU PROFESIONAL DALAM REVOLUSI PENDIDIKAN 4.0”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No more offers for this product!

Diskusi umum

Saat ini belum ada diskusi apapun pada produk ini

0